Melanjutkan artikel sebelumnya tentang artikel yang dicopas... Agar sekalian tuntas dan saya punya catatannya. Kebetulan saya sering mendapatkan pertanyaan bagaimana cara mengetahui artikel blog kita dicopas oleh seseorang.



Saya tulis ulang di sini sekaligus praktik mencari artikel yang dicopas.


Cara pertama yang paling mudah adalah mencari dari judul artikel. Tulis judul artikel yang paling mungkin dicopas seseorang. Tandanya, tulisan tersebut evergreen atau selalu menyumbang ke blog lalu tiba-tiba berhenti.

Caranya sangat mudah, yaitu menulis judul artikel di antara tanda petik. Seperti ini:
"Cara Mengetahui Artikel Blog Dicopas"

Ganti judul itu dengan judul yang ingin dicari.

Pastekan di Google Search (google.com) dan lihat hasilnya. Memang harus jeli dan mau scroll ke beberapa next page.

Biasanya, jika ada yang mengcopas, akan langsung muncul. Tapi ini berhasil untuk jenis copaser pemalas yang menjiplak 100%.

Cara kedua adalah menggunakan frasa atau kalimat khas yang digunakan di blogmu.

Saya mencobanya dengan frasa "Sobat Cakrawala Susindra" yang merupakan sapaan khas di blog utama saya.

Ada 2 blog yang tercatat mengambil ratusan artikel blog saya, yaitu:
1. blog.wapkw.net
2. fanskicau.com



Dua blog itu dikelola oleh satu anak muda bernama Nahar dari kota Palu. Dia sudah berjanji akan menghapus blognya, seminggu yang lalu, namun sampai saat ini belum dilakukan.

Laporan saya ke DMCA via Google juga masih ditinjau. Pembatasan akibat Covid-19 ternyata membuat perusahaan raksasa ini kepayahan mengatasi laporan pencurian. Saya curiga, para copaser berlomba-lomba mengetes kemampuan Google dalam mengatasi hal ini dan berlomba-lomba mencari mangsa.

Waspadalah... waspadalah....


Oh ya, frasa Sobat Cakrawala Susindra baru saya pakai setahun ini, jadi saya harus lebih kreatif bertanya pada Google.

Sekian reportase saya hari ini, tanggal 18 April 2020, menjelang dinihari.
#JurnalHari26
#Tantangan30Hari
#KelasKepompong
#BundaCekatan
#InstitutIbuProfesional