Halo SEO Mam! Apa kabar? Wah tak terasa nih, jurnal belajar di kelas Bunda Cekatan hampir usai. Itu artinya jurnal SEO saya sudah tidak harian lagi. Capek dan cukup ngos-ngosan. Padahal bagus juga kalau update harian, karena itu artinya saya tiap hari belajar SEO Dan merangkumnya di sini. Oh iya, hari ini saya mau bahas plus minus mengganti template blog.




Saya penyuka tampilan template yang premium-look. Maksud saya, seperti template premium. Tapi masih sayang uang untuk beli. Masih dikejar-kejar kebutuhan dan meski bayar sekali, kayaknya enak nyicil bayar sekolah anak yang setahun sekali juga. Hihihi.


Template ala premium juga ada versi gratisnya. Saya pakai itu. Dan hasilnya... bisa ditebak dong, kalau akhirnya saya ganti lagi setahun kemudian....

Kunjungan ke blog saya turun super drastis dan bounce rate membengkak. Banyak script yang mati karena hanya ada di versi bayar. Yang terparah kecepatan blog 19%. SUDah kaya gini lho, saya tahan sampai setahun. Ckckck...

Emak itu ya....

Setelah mempertimbangkan benar, saya ganti template. Saya pilih yang asli bawaan Google dengan tema grid seperti ini. 

Kenapa tidak cari template yang bagus seperti sebelumnya?

Alasan saya adalah kecepatan blog, responsive dan SEO Friendly. Alasan lainnya adalah, keamanan dan tampilan. Template asli bisa diubah sesuka hati, ingin bagus dan beda ya harus belajar html dkk. 

Menurut saya asyik juga, meski saya harus agak susah payah belajarnya. Dan saya pun lakukan secara bertahap. Lama-lama juga bagus.

Nah, template yang ini sesuai ekspektasi saya. Setidaknya cukup tinggi.


Oh iya, langsung saja ya, plus minusnya.


Poin plus menggunakan template asli Blogger.com
1. Struktur blog bagus
2. Kode dan html aman dan disetujui oleh Google.
3. Mudah diedit
4. SEO Friedly
5. Bisa dipasangin iklan

Poin ketiga ini yang paling saya sukai dari template asli bawaan dari Blogger.com. Saya bisa edit sesuka hati warna tulisan, berapa sidebar, dimana, berapa footer dan isinya apa. Bisa dipermak habis.

Tentu saja tergantung pada kemauan dan kemampuan pemilik blog, ya. Kalau seperti saya, lama beud dandanin bognya. Memasukkan kode widget dari luar juga sesempatnya belajar. 


Contohnya kalau yang blog ini, saya menambahkan beberapa, yaitu:


1. Kode css agar header responsif, 
2. Menambah related post, 
3. Menambah about me yang eye catching
4. Menambah kode anti copas, 
5. Membuat Mega menu di bagian atas, 
6. Menambahkan gambar medsos dan media partner
7. Menghapus atribusi

Saya lupa apalagi. Wkwkwk.

Maaf ya, saya memang pelupa sekali.


Di atas itu poin plusnya. Masih banyak kalau mau dicari, kok. 


Minusnya menggunakan template asli dari Blogger.com

  1. Harus mau belajar kode-kode yang mblengeri itu, kalau mau template kelihatan bagus.
  2. Beberapa template sangat membosankan.
  3. Pilihan template terbatas.

Hanya ada 4 template dasar dari Blogger.com terbaru. Secara tampilan sudah lebih bagus.

Template Blog SEO Mam adalah "Emporio". Silakan coba/



#JurnalHari28
#Tantangan30Hari
#KelasKepompong
#BundaCekatan
#InstitutIbuProfesional