Belajar Membuat Konten Blog yang Menarik

Memulai blog bukanlah sesuatu yang sangat sulit. Bukan pula kegiatan yang IT banget. Dijalani saja setahap demi setahap. Jangan lihat mereka yang sudah berjalan di tangga ke-365. Lalui satu tangga demi satu tangga. Nanti akan sampai di tangga yang diinginkan. Salah satu tahap yang harus dilalui adalah belajar membuat konten blog yang menarik.


Belajar Membuat Konten Blog yang Menarik

Jurnal belajar ke-8 Kelas Kepompong di Kuliah Bunda Cekatan yang diinisiasi oleh Institut Ibu Profesional ini, saya ingin menulis tentang cara menulis konten yang menarik.

Menulis konten menjadi salah satu pilar dalam membangun sebuah blog profesional. Ehm.... Maksud saya, blog yang dibaca banyak orang dan mungkin tertarik untuk memonetisasinya. Jadi tidak melulu tentang uang.

Beberapa blog saya buat untuk membagikan pengetahuan kepada pembaca yang membutuhkannya. SEO Mam adalah salah satunya. Saya membuat how to blog atau tips ngeblog untuk sharing pengetahuan saya. Tanggal 20 Maret 2020 ini, saya sudah ngeblog selama 12 tahun.


Konten yang menarik

1. Buat tulisan yang dibutuhkan oleh pembaca.

Tulislah sesuatu yang menarik karena inti dari ngeblog adalah membuat orang datang berkunjung ke blog dan membaca sampai selesai. Kunjungan pembaca akan dicatat dalam tools yang diperuntukkan untuk itu, misalnya Google Analytic. Tools yang satu ini mencatat dengan cermat berapa yang datang, berapa lama, apakah akan membuka artikel yang lain atau tidak, dan lain sebagainya.


Tulis artikel yang disukai oleh pembaca kita akan memberikan kepuasan tersendiri bagi kedua belah pihak. Kita sebagai penulis akan merasa bahagia karen tulisan kita bermanfaat. 

Di lain pihak, pembaca pun merasa sangat terbantu karena menemukan solusi atas masalah yang dihadapinya.

2. Tulis cara menaklukkan aktivitas rutin

Banyak hal bisa ditulis dalam blog. Salah satunya adalah tips menaklukkan suatu aktivitas rutin. Aktivitas rutin sering membosankan. Kadang setelah melakukan bertahun-tahun tetap saja bosan. Hal yang mungkin menjadi kelemahan seseorang sehingga ia mencari cara menaklukkan kelemahannya tersebut. Mungkin ini kelemahan, api saya cenderung mengatakan belum mengetahui teknik atau killer technique.

Mungkin kita punya....

Misalnya cara menyetrika dengan cepat dan efisien. Mayoritas orang tidak suka menyetrika. Ini fakta. Buat sebuah artikel life hack tentang cara menaklukkan baju setrikaan yang beranak-pinak tak terkendali!



3. Tulis sesuatu yang menggelitik


Tulis sesuatu yang menggelitik pembaca. Banyak orang yang sudah sibuk dengan aktivitas hariannya yang mungkin membosankan. Mereka akan langsung scroll ke bawah lalu komentar jika tulisan kita tidak menarik. Makanya penting sekali untuk memperindah dan mempercantik tulisan. Kalau perlu undang guru menulis.

Salah satu cara yang paling mudah mungkin adalah menulis apa yang kita tahu dan mampu. Biasanya tulisan akan lebih asyik dibaca dan kita bisa lebih mudah memain-mainkan kata. 


4. Pilih topik atau Niche yang tepat dan dikuasai

Pilih topik yang menarik dan unik. Agar mereka selalu datang ke blogmu. Mengapa?

Karena analoginya, jika seseorang menulis sesuatu yang disukai dan diminati, ia akan menulis dengan lengkap dan enak dibaca. Seperti sedang mendengarkan sebuah cerita di radio. Yaaa.. tentu saja ini juga perlu latihan dan pembiasaan. Dan yang jelas... banyak membaca!


5. Menulis seperti bercerita

Buat tulisan yang mengalir, namun jangan terlalu panjang sampai pembaca bosan setengah hidup. Kadang saya merasakannya. Okeylah bagi Google, makin panjang dan mendalam sebuah ulasan di blog akan lebih baik, tapi pembaca manusia sangat butuh istirahat mata. 1000 kunjungan dalam 1 hari bukanlah mustahil.


Jika ingin menulis sesuatu yang panjang, pastikan layak dibaca, semua yang dicari pembaca ada di sana, dan beri jeda tulisan setiap sekitar 150-200 kata. Jeda tersebut berupa gambar atau kalimat quote.

Gambar kadang bercerita lebih banyak daripada kata. Gambar juga membuat artikel lebih menarik. 

Ingat, ya, jangan bertele-tele cerita. Saat pembaca mampir ke postingan blog, mereka ingin membaca isi utama, bukan cerita bladrah. Mereka ingin postingan ndaging, bukan sayuran hias (garnish)!


6. Tips lainnya

Tulis sebuah artikel setiap hari agar pembaca selalu kembali ke blogmu. Ingat, ya, pilih 1 niche saja. Ada 10 jenis niche yang bisa dipilih, nih.

Oh iya, kalau menulis 1 artikel 1 hari masih sulit, lebih baik siapkan beberapa puluh artikel sebelum memperkenalkan blog kita ke teman dan khalayak umum.


Pembaca lebih suka gaya tulisan seperti teman daripada ala jurnalist yang kaku.
Buat artikel dengan gaya informal. Ini adalah personal blog, bukan blog bisnis. Bukan situs komersial. Buatlah blog semenarik dan sesantai media sosial. 

Apakah tips tentang belajar membuat konten blog yang menarik ini bisa Sobat SEO Mam pahami dengan baik? Bagaimana menurutmu, Sob? Bagikan di kolom komentar, ya. Kalau ada pertanyaan, jangan sungkan....


#JurnalHari9
#Tantangan30Hari
#KelasKepompong
#BundaCekatan
#InstitutIbuProfesional





Post a Comment

13 Comments

  1. Saya sepakat semua dari 6 tips ini, Mam. Yang sangat baru bagi saya adalah pada poin ke 3. Dimana sampai saat ini saya masih terus belajar untuk menulis sesuatu yang membacanya tidak langsung melompat ke akhir tulisan.
    Terimakasih sharingnya, Mam..

    Salam..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, memang tidak mudah membuat tulisan yang seperti itu

      Delete
  2. Terima kasih sharingnya, insyaallah manfaat nih, juga sebagai reminder agar saat menulis blog tidak terlena /bladrah :)

    ReplyDelete
  3. Salah satu yang saya lakukan buat latihan menulis yaitu dengan minta orang menilai tulisan saya. Caranya dengan ngirim guest post ke blog orang, sebisa mungkin pilih blog yang kontennya bagus2. Keuntungan lainnya bisa dapat backlink.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, ini cara yang bagus sekali. Owner blog pastinya ingin tulisan di blognya bagus, jadi akan bantu edit

      Delete
  4. 10 niche apa aja? Blog aku kan cerpen semua tuh mam, masuk kriteria 10 niche itu?

    ReplyDelete
  5. Makasih tipsnya...saya belum bisa bikin satu artikel tiap hari. Sebulan sekali sudah bagus banget...harus lebih rajin lagi nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang harus dibiarkan. Dan bagusnya, menulis yang dikuasai. Yg dikerjakan sehari-hari

      Delete
  6. biasanya menulis jadi enteng kalo si penulis menguasai niche nya sendiri, jadi mengalir saja dan tanpa beban. tinggal ngasih "bumbu" pemanis yang bikin orang makin rajin bertamu ke blog

    ReplyDelete

Semoga tulisan ini membantumu. Saya tunggu feedback-nya, ya....