Form kontak menjadi salah satu kebutuhan blog yang sangat penting. Menjadi satu dari navigasi dan struktur blog. Dari sinilah, para pengunjung yang tertarik atau menawari kerjasama akan menghubungi kita.

Cara Membuat Form Kontak dari Widget Blogger.com


Saya pernah menggunakan form kontak dari pihak ketiga, yaitu Official 123FormBuilder. Ternyata pada template baru, bentuknya menjadi kecil seperti widget yang terpotong. Padahal saya letakkan di laman atau page.

Bayangkan, menulis di widget saja sudah nyebelin karena kecil, dan ini terpotong setengahnya. Tak bisa saya bayangkan perjuangan mereka yang menghubungi saya dari form itu.

Akhirnya saya menemukan tutorial cara membuat form kontak cantik dari widget blogger.com sendiri. Caranya sangat mudah dan hasilnya juga bagus. Seperti gambar di atas.

Lumayan kaaan....

Cara Membuat Form Kontak dari widget blogger.com

Cara membuatnya cukup gampang. Ikuti langkahnya dengan tertib ya. 

1. Memasang widget kontak di sidebar. Caranya mudah. Buka "Layout" lalu cari "Contact Form"
memasang widget kontak pada sidebar blogger

Settingannya dibuat tidak terlihat dengan tidak mencentang tulisan "Show Contact Form"
memasang widget kontak pada sidebar blogger

2. Buka Css dengan cara klik "Theme" lanjutkan ke "Customize" lalu "Advance" dan "Add CSS"
Masukkan kode seperti di atas lalu save. Bisa ketik ulang atau download notepad di bawah nanti. Kodenya:
#ContactForm1{display:none !important;}

3. Buat laman/page untuk kontak. Tahu caranya, kan? Benar. Buka "Laman/Page". Letaknya tepat di atas Layout.
Untuk dashbor baru, klik tanda +
Setting laman agar tidak bisa dikomentari. 
Klik html, di dashbor Blogger baru, bentuknya < >. Letaknya ada di kanan atas, sebelah ikon disk untuk save postingan. 
Copas kode seperti di bawah ini. Silakan download 2 kode yang dibutuhkan di sini. Lihat dengan teliti, ya. Ada dua kode di sana.


Mohon maaf ya, agak nyusahin. Setelah kebobolan 250 artikel saya dirampok pelaku blog AGC, saya pasang kode agar tidak bisa dicopy lagi.

Oh iya, setelah save, silakan buka laman kontak yang dibuat tadi. Ambil url-nya untuk dimasukkan ke dalam menu widget atau sejenisnya. Selamat mencobaaaa....

Tips penting

Postingan pada laman tidak seperti postingan pada post biasa. Laman hanya diberi waktu sebelum auto save sekitar 8-10 detik (lupa tepatnya). Permalink di page tidak bisa diganti. Url-nya otomatis. Jadi pastikan mengisi judul dulu dengan tepat dan pendek. WAJIB.

Sumber belajar saya kali ini adalah dari https://bisablog.com/laman-kontak-blogger/
Selamat mencobaaaa.....