Apa tujuan kita ngeblog? Apakah hanya hobi, hanya iseng, kerja paruh waktu, atau kerjaan utama? Kalau sudah berniat ingin ngeblog dengan serius, sebaiknya menulis tentang apa? Bingung pilih niche blog? Semoga tulisan ini sedikit membantumu. 


Gambar olahan dari Canva


Tinggal di rumah dan suka menulis

Tujuan ngeblog

Orang rumahan yang suka menulis seperti saya, sangat cocok menjadi blogger. Menulis di blog adalah cara saya membagikan ide, ilmu, keterampilan, ketertarikan, opini, manfaat, bahkan rekomendasi produk yang saya gunakan. Ini adalah cara yang sangat menyenangkan untuk tetap waras sekaligus mendapatkan uang.

Perempuan mengeluarkan 20000 kata per hari, katanya. Saya lupa siapa yang bilang. Bagaimanapun cerewetnya saya, paling hanya 1/4 dari jumlah itu yang keluar. 

Sementara sebagai seorang yang sangat hobi membaca, saya bisa memasukkan 2x jumlah kata yang harus saya keluarkan. Kata-kata tersebut akan mampat di otak lalu terhapus tanpa jejak.

Menulis adalah cara saya mengingat kembali.
Menulis adalah cara saya mengalirkan puluhan ribu kata yang terjebak di otak. 
Menulis adalah cara saya mengikat makna sebuah cerita. 


Itulah alasan saya ngeblog.


Jika Sobat SEO Mam merasa seperti saya, maka membuat blog dan mengisinya serta menguangkannya, mungkin akan jadi Rencana Bisnis yang menyenangkan.


Gambar olahan dari Canva


Memilih Niche

Membangun blog baru itu menyenangkan. Cara pertama setelah menetapkan tujuan ngeblog adalah menentukan topik atau niche blog. Niche blog adalah topik yang menjadi pokok bahasan utama di blog. 


Saya sangat menyarankan agar memilih topik yang paling disukai dan diminati. Topik yang paling senang dibaca. 


Mengapa demikian?

Menulis sesuatu yang disukai juga berarti lebih mudah dalam menulis. Lebih mudah dalam belajar. Lebih mudah dalam mengembangkan idenya. Dan yang jelas, lebih menyenangkan.

Menulis sesuatu yang disenangi akan menjadi motivasi yang kuat untuk terus melangkah sebagai blogger. 

Percayalah. Saya sudah 12 tahun ngeblog dan selalu bersemangat. 3 tahun ini saya sangat senang membaca buku sejarah, dan saya tidak pernah bosan menulis topik yang satu ini.


Mengembangkan niche

Apakah Sobat SEO Mam sudah siap ngeblog? Coba pilih satu topik/niche di bawah ini dan coba kembangkan jadi sub niche. Biasanya satu niche bisa dikembangkan minimal menjadi 12 sub niche.

1. Travel atau perjalanan
2. Food atau makanan
3. Personal finance atau keuangan
4. Business atau bisnis
5. Green living atau hidup dengan alam
6. Parenting atau pengasuhan anak
7. Pregnancy and motherhood atau kehamilan dan pengasuhan bayi
8. Language learning atau pelajaran bahasa
9. Fashion atau gaya busana
10. Marriage and relationships atau pernikahan dan hubungan
11. Health and Wellness atau kesehatan dan kesejahteraan
12. Art and culture atau seni dan budaya
13. Otomotif
14. Health atau kesehatan

Pilih satu niche, kembangkan jadi beberapa niche. Kita bisa memilih 1 niche dengan pengembangannya atau malah memilih satu sub niche dan mengembangkannya.

Katakanlah satu contoh kecil saja, tentang wisata. Kita bisa mengembangkannya menjadi sub niche seperti wisata alam, wisata religi, wisata budaya, wisata dengan ransel, wisata metropolitan, wisata desa, perhotelan, review wisata kota sendiri, dan masih banyak lagi.


Sumber gambar: Gambar olahan dari Canva


Satu contoh lagi mengenai makanan. Kita bisa mengembangkan menjadi makanan khas suatu kota, resep, resep sehat, resep herbal, menu desa, gaya hidup vegan, gaya hidup keto, review restoran di kota, dan sub niche yang tak terbatas. 

Kita baru sampai di tujuan ngeblog dan memilih niche atau sub niche lho, ya. Masih ada lagi hal menyenangkan dari persiapan ngeblog. Salah satunya adalah memilih platform blog. Saya punya 11 alasan mengapa memilih platform Blogspot seperti saya ini, jika pertama kali ingin ngeblog.

Tetap datang ke SEO Mam, dan tetap ikuti jurnal belajar di Kelas Kepompong Kuliah Bunda Cekatan Ibu Profesional ini. 

Whaaat... jadi ini jurnal belajar?

Iya dong, saya kan pembelajar sejati. InsyaAllah akan terus belajar dan membaginya pada sobat semua. Terima kasih ya, sudah selalu mengikuti jurnal belajar SEO di sini. Semoga artikel tentang tujuan ngeblog dan niche blog ini yang kamu butuhkan. Silakan tulis di kolom komentar jika ada yang mau ditambahkan atau mau ditanyakan. 

#JurnalHari11
#Tantangan30Hari
#KelasKepompong
#BundaCekatan
#InstitutIbuProfesional