Alhamdulillah pekan ini saya sudah menjadi kupu-kupu cantik yang siap berkelana mencari madu. Pekan ini tugas kami adalah mencari mentor belajar yang sesuai dengan mind map belajar, sekaligus menawarkan diri menjadi mentor untuk suatu keahlian yang sudah kita kuasai. Untuk yang terakhir ini tidak wajib sesuai dengan mind map belajar. Syaratnya adalah menguasainya. 

Perjalanan Pekan Pertama Kupu-Kupu Cantik Susindra


Contoh saya menjadi mentee (murid) untuk SEO. Ini bisa ditebak dan memang harus. Saya bisa menawarkan diri menjadi koki andalan keluarga dengan bahan ekonomis. 

Ini misalnya, karena saya fokus ke SEO, otomatis saya jadi mentor dan mentee di bidang yang sama. 

Alhamdulillah saya langsung mendapatkan mentee. Beberapa sudah pernah bertemu di WhatsApp Group Kelas Ulat

Kami terpisah saat Kelas Kepompong mewajibkan diri untuk mencerna dari dalam. Seperti kepompong yang memecah dirinya menjadi sel kecil-kecil agar dapat dicerna satu per satu.

Menjadi mentor

Satu per satu mentee masuk dan saya secara alami menyeleksi dengan beberapa kriteria:
1. Blog harus platform Blogger
2. Blog untuk diary
3. Targetnya sesuai yang saya tawarkan
4. Saya sanggup menjadi mentornya.

Setelah proses keluar masuk, akhirnya fiks 5 mentee. Seharusnya 4 saja tapi saya membantu teman yang sedang kepayahan karena baru melahirkan anak ke-6 dan ingin belajar yang diminati. Mungkin memang kami berjodoh karena sebelum tahu latar belakang, saat itu saya langsung menyanggupi tanpa tanya apa-apa. Pada proses perkenalan saya baru tahu.

Semoga saya bisa menjadi mentor yang diharapkan....

Menjadi Mentee

Menjadi mentee atau murid memiliki sedikit drama. Saya langsung apply ke teman yang saya kagumi dan langsung ditolak. Saat ini dia baru sanggup menerima dua mentee karena suatu keadaan yang saya pahami. 

Saya cari lagi dan fokus pada SEO. Spesifiknya pada keyword planner. Ini PR terbesar saya.

Ternyata kami tak berjodoh. Di sebelahnya ada profil yang lebih menarik yaitu tawaran membuat perencanaan blog.

Mbak Nisa menawarkan blog business plan, mulai dari menentukan visi dan misi blog, content creation, marketing, menetization, dll. 

Satu hal yang membuat saya langsung merasa tepat sasaran adalah karena mentor saya ini membangun blog kembali selama 3 tahun ini, setelah lama vakum. Selama membangun itu, Mbak Nisa banyak belajar trategi dan teknik hybrid yang tentunya belum diketahui oleh blogger old (usianya) ini. Saya ingin bersorak bahagia karena menemukan mentor yang tepat. 

Saya memang sedang membangun beberapa blog baru untuk mendukung Google Adsense saya, plus blog untuk paid review. Jadi saya akan beternak blog dengan visi dan misi beda, tapi harus satu niche.

Bismillah, saya siap belajar di pekan kedua sampai pekan kedelapan nanti. 

#jurnalke1
#tahapkupukupu
#buncek1
#institutibuprofesional