Perjalanan Pekan Keempat Kupu-Kupu SEO

Sudah pekan keempat perjalanan kupu-kupu SEO saya. Dia masih belum tuntas dari hawa liburan lebaran selama 2 minggu. Sampai-sampai.... lupa tidak membuat jurnal pekan ke-3. Ironisnya, dia hubungi semua mentee mengingatkan jangan lupa bikin jurnal belajar. Wkwkwk.



Tapi saya beneran surpris saat mengetahui sudah lewat. Saya sudah membuatnya dan sudah menyetorkan ke mentor. Saya juga sudah memberikan Feedback pekerjaan rumah para mentee.

Begitulah.

Pekan keempat ini saya agak mellow. Karena tugasnya adalah check ini mentorship. Itu artinya kami harus mengenang ribuan detik yang telah kami lalui bersama dalam membentuk si kupu-kupu SEO.

Saya sebut demikian karena saya ambil peran sebagai mentor SEO terkhusus struktur blog dan ambil peran sebagai mentee dengan topik Blog Business Plan.

Sampai di mana hubungan mentor mentee?

Pertanyaan ini membuat saya tutup mata. Malu ah. Saya biasanya cerewet, di kelas kupu-kupu ini kok jadi adem.

Kayaknya saya salah strategi. Saya pegang wejangan ibu, bahwa mentor jangan menggurui. Jadi saya berikan link blog ini dan bagian mana yang bisa dipelajari untuk membangun struktur blog.

Minggu ini saya akan ubah strategi saya sebagai mentor agar proses belajar lebih baik. Tentu saja dengan syarat mentee memang memiliki harapan yang sama.

Bagaimana pola perkembangannya nanti?
Saya berencana membuat daftar tugas yang harus dikerjakan para mentee. 

Dari situ bisa dilihat seberapa cepat laju mentee. Karena, masa belajar kami tinggal 4 pekan lagi.

Sampai di mana hubungan mentor mentee?

Sebagai mentee, saya masih mengerjakan apa yang saya bisa. Hanya mengabarkan pada mentor bahwa saya sudah melakukan a, b, c, d, tanpa menunjukkan bukti.

Mungkin itu juga yang membuat Mbak Nisa jadi bingung, mentee macam apa saya ini. Wkwkwk.

Sebagai blogger, yang saya lakukan tiap hari ya memang optimasi blog dan media sosial sehingga saya tidak kepikiran melaporkan pekerjaan harian saya.

Tapi melalui check in kami belajar saling memahami kebutuhan dan potensi. Jadi, seperti saya bilang ke beliau, "Saya sangat menantikan temuan-temuan dalam perjalanan ngeblog beliau."

Kami memang dua generasi yang bertemu. Kami sama-sama blogger old, tapi saya secara usia memang old, dan sebagai blogger daerah, jadi kurang kekinian. 

Petunjuk Check in

Bagaimana kami sampai pada tujuan ini? Tentu dengan mengikuti panduan check in (semampunya). Ini panduannya:
1. Eksplorasi maksud dan tujuan.
  • Kenali satu sama lain
  • Negosiasikan agenda

2. Pemahaman baru
  • Tentukan ide, bagikan pengalaman, serita, ide dan saran. 
  • Pastikan umpan balik yang konstruktif
  • Identifikasikan kebutuhan pengembangan

3. Action Plan
  • Periksa opsi untuk tindakan serta konsekuensinya
  • Dorong cara berpikir baru
  • Bantu buat keputusan, memecahkan masalah, mengembangkan rencana aksi
  • Pantau kemajuan dan evaluasi hasil akhir.


Post a Comment

0 Comments