Google Search Console: Panduan Lengkapnya

Ah, saya hampir lupa kalau blog SEO MAM ini belum pernah saya submit ke Google Search Console. Parahnya, malah belum saya daftarkan. Bisa dipastikan, aneka manfaat dan fiturnya takkan saya rasakan. Begitulah... Nyebelin, kan? Bagaimana mungkin saya lupa. Ckckck...



Sebelum lupa lagi, saya juga mau memberitahu kalau postingan ini juga adalah jurnal Tantangan Menulis SEO selama 30 hari. Jadi... selalu balik ke sini ya!


Definisi Google Search Console

Google Search Console adalah tools yang disediakan oleh Google secara gratis untuk mengidentifikasi kinerja blog. Narablog lawas pasti ingat dengan tips ngeblog yaitu "sebmit di Google Webmaster Tools"... Saya sering banget dapat tips ini dan memberikan tips ini. Nah, Webmaster tools adalah versi lawas dari Google Search Console. Jadi sekarang submit-nya di sini. 

Kegunaan Google Search Console

Gratis tapi sangat dibutuhkan. Ada banyak sekali kegunaan Google Search Console, yaitu:
  1. Mempercepat artikel terindeks. Makanya, setelah mem-publish sebuah artikel di blog, baiknya langsung didaftarkan di sini. 
  2. Memperbarui rekomendasi ke Google. Ini dapat dilakukan dengan cara memperbarui informasi di artikel lawas lalu di-submit ulang.
  3. Mendeteksi artikel bermasalah atau brokenlink. Kadang saya mendapatkan informasi artikel yang bermasalah dari sini
  4. Mendiagnosa website. Jadi bukan hanya artikel tapi secara umum juga diberitahukan
  5. Optimasi website. Kita bisa tahu aneka data kata kunci yang ditanyakan di Google Search, impresi halaman, dan lainnya. 
  6. Daftar keyword populer dan efektif di blog kita, menurut hasil pencarian, dengan kata kunci tertentu (impresion) dan berapa klik (click through rate). 
  7. Mengetahui backlink blog kita dari mana saja di Link to Your Site
  8. Informasi keamanan website, Google akan mengirimkan pada kita jika terjadi serangan hack.
  9. Laporan capaian blog secara bulanan

Kamu perlu juga belajar membuat backlink dofollow dan nofollow.

Cara Mendaftar di Google Search Console

Blog SEO Mam dibuat sebagai bahan praktik, tempat merangkum, dan tempat sharing. Mumpung sedang sinau all about Google Search Console, saya praktik cara mendaftar juga. Gini lho caranya:

1. Pastikan sudah login di akun Google yang digunakan
2. Buka Google Search Console


3. Masukkan nama domain. Tanpa https, ya. Misalnya susiernasaja.blogspot.com
Jangan pakai http/https

Cukup nama domain saja

4. Buka Gmail untuk verifikasi.

5. Voila.... Seperti ini jadinya. Semudah itu kalau Blogspot. 
Bukti verified owner




Masih kosong? Tenang... namanya juga barang baru. 


Jika mau tambah blog baru, jangan sungkan! Ulangi mulai langkah kedua. Blog SEO MAM sudah ditambahkan.


Kok semudah itu? Iya, karena domainnya masih blogspot. Kalau TLD, akan ada tambahan. Sayangnya saya belum bisa praktekkan yang panduan verifikasi Domain ke Google Search melalui DNS. Belum beli domain baru. Mungkin minggu depan, ya. Saya mau beli domain my,id

Penjelasan mengenai isi Google Search Console

1. Menu (berisi nama domain) dengan panah ke bawah. Fungsinya untuk melihat domain-domain yang telah didaftarkan ke Google Search Console.
2. Overview (sekilas) ada;ah tampilan awal saat masuk ke Google Search Console. Isinya data secara umum berbentuk grafik. 

Isinya termasuk performance dan url inspection

3. Performance atau kinerja. Isinya data penting blog kita di mesin pencari. Aan terlihat total klik, posisi keyword, dll

4. Url Inspection. Saya sering mengecek apakah postingan tertentu sudah terindeks atau belum. Kalau selesai posting, submit di sini ya.

Masih banyak yang bisa dieksplor dari Google Search Console. Sementara ini, saya masuk-masukkan alias submit artikel yang ada di blog ini dulu dan memastikan semuanya terindeks.

Kalau Sobat SEO Mam seperti saya, baru pasang, saya sarankan melakukan hal serupa.

Oh iya, menurut Google Search Console, blog ini tidak mobile friendly dan itu sangat benar (sekali). Saya belum sempat belajar cara membuat template basic dari Google menjadi bagus performanya. 

Tapi saya tidak ganti template dulu. Seperti niat awal saya, blog ini jadi tempat saya belajar ngeblog luar dan dalam. Memasang widget satu per satu sambil membuat tutorialnya seperti ini.

Saya akan tahan dulu omelan Google.

Sabaar... Blog ini memang tempat latihan.

Jurnal Tantangan 30 Hari Kelas Kepompong


Plus tempat saya membuat jurnal harian Tantangan 30 Hari untuk Tahap Kepompong Bunda Cekatan Ibu Profesional. Dulu saya bikin di blog lawas. Tapi karena tak mungkin mengerjakan tugas harian di sana, saya bikin di sini. Nanti jurnal mingguannya yang dikerjakan di sana. Berat optimasinya....

Kelihatannya cukup sekian dulu, tulisan how to tentang Google Search Console. Saya sudah agak lelah, nih.

Sampai jumpa di postingan selanjutnya.... Besok kita belajar tentang Sitemap, kegunaan, dan cara memasangnya, ya.

#JurnalHari1
#Tantangan30Hari
#KelasKepompong
#BundaCekatan
#InstitutIbuProfesional





.

Post a Comment

0 Comments