Saya satu di antara sekian blogger yang tiba-tiba ingin belajar SEO dengan intensif setelah lelah menulis panjang dan lebar tapi jumlah pembaca masih kurang.



Kayaknya saya perlu belajar lagi.

SEO sebagian besar menganggapnya sebagai hal yang paling penting pertama. Tulisan sedikit tapi SEO on-Page dan of-Page benar, akan femes sendiri.


Sebagai blogger yang cukup lama malang melintang, saya punya artikel foto yang isinya cuma 3 paragraf pendek ternyata kunjungan lumayan. Faktor kebetulan? 

Jujur saya tidak tahu.


Kecepatan blog menjadi hal kedua yang amat sangat penting. Jadi kita disarankan menggunakan template sederhana. Sederhana meman bagus. 

Tapi yang sederhana itu bisa membuat mood ngeblog menjadi terhenti.

Speed atau kecepatan blog membuat pembaca cepat sampai pada artikel yang dicarinya. Mau tidak mau saya sepakat tentang ini karena saya punya pengalaman sedih terkait hal ini.

Social atau aktif membagikan postingan blog dengan narasi yang menarik. Sosial media menguatkan tulisan dan mengundang kunjungan dari lingkaran teman. Ini bagus juga

Mobile, artinya blog harus nyaman dibaca dengan perangkat apapun. Kalau belum mobile gini biasanya Google Search Console akan memberitahu bahwa ia tidak mau membacanya. Google yang mesin saja masih begitu....

Konten selalu  dimasukkan di bagian akhir karena dianggap tidak lebih penting dari lainnya.

#JurnalHari30
#Tantangan30Hari
#KelasKepompong
#BundaCekatan
#InstitutIbuProfesional