Adakalanya kita merasa sudah saatnya ganti template. Bisa karena bosan, atau sudah tidak sesuai dengan tuntutan. Atau malah sudah tidak sesuai branding blog. Ada banyak alasan mengganti template. Tapi ada satu cara mengganti template dengan cara aman, yaitu mereset tempalete-nya dulu menjadi kosong, sebelum mengganti dengan template pilihan kita.

Mereset Template Blog Sebelum Menggantinya


Membuat template menjadi kosong kembali bisa jadi sesuatu yang sangat menakutkan bagi blogger pemula. Blog menjadi kosong, dan hanya putih seputih kertas HVS. Tak ada satu postingan pun, bahkan tak ada sidebar, body maupun footer. Seram, ya.

Jangan khawatir. Itu bukan tanda bahwa semua postingan hilang. Cuma tidak bisa ditampilkan saja karena belum ada wadahnya.

Mereset template dan membuatnya kosong membuat kode/script/css atau kode html apapun menjadi hilang,sehingga saat template baru dipasang, akan lebih nempel.

Bayangkan kamu sedang mengecat dinding tua, diawali dengan cat putih antijamur dan antinoda. Cat baru akan menempel sempurna.

Kalau langsung ganti template, beberapa widget dan kode-kode dalam template lama masih ada, dan beberapa mengalami tumpang tindih.

Tak menunggu lama, ini lho kode reset template:
<?xml version="1.0" encoding="UTF-8" ?>
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Judul Blog Anda</title>
<b:skin><![CDATA[ ]]></b:skin>
</head>
<body>
<b:section id='contoh'/>
</body>
</html>

Jika sudah pasang script anticopas lagi di blog ini, silakan unduh reset template di Google Drive saya ya. Saya masih sering kesal karena 250 artikel saya dicuri oleh pemilik blog AGC blog.wapkw.net. 

Lanjut, ya.... 

Kode di atas, silakan di copy lalu di-paste di laman html blog.

Cara reset template, 
  1. Buka dashbor blogger.com. 
  2. Buka Theme
  3. Klik 3 titik di sebelah kanan "My Theme: Custom (modified)"
  4. Klik "Backup" untuk save template yang sekarang ini. Cermati judulnya dan letak menyimpan. Bila perlu buat folder khusus dan beri nama baru pakai tanggal sekarang.
  5. Klik "Edit Html"
  6. Hapus semua huruf dan angka di sana. Paling cepat, jari jempol kiri tekan"ctrl" dan dan jari telunjuk kiri tekan "A" untuk perintah "select all".
  7. Paste-kan kode "reset tenplate" di atas.
  8. Simpan.

Jika mau coba cek, boleh, lho. Coba buka blogmu. Hasilnya akan putih semua, seperti selembar HVS atau seputih hati bayi. Uhuk....

Jangan panik. Sekarang cara pasang template baru.

Cara pasang template baru.
  1. Klik 3 titik di sebelah kanan "My Theme: Custom (modified)"
  2. Klik "Restore"
  3. Upload template baru. Ambil file XML, ya.
  4. Taraaaa... template-mu sudah baru.
Apa sudah selesai? Hoho.... Belum doong.....

Coba cek template blog saya yang lainnya yang kebetulan pakai template yang sama dengan ini. Masih seperti itu. Butuh diperbaiki dan dibuat sesuai keinginan kita.