"Apa sih susahnya menulis harian? Status di Facebook saja bisa lima kali dalam satu hari." Pertanyaan ini pernah saya lontarkan pada diri sendiri. Saya mencoba menganalisa mengapa saya masih mendapati sehari tidak posting di blog.



Jawabannya adalah, batas antara tidak sempat dan menyerah itu sangat tipis. Contohnya malam ini. Saya sangat lelah, mata pedih, kantuk sangat menyiksa. Mudah bagi saya untuk lambaikan tangan tuk menyerah lalu tidur.


Tapi saya tidak mau menyerah dan tetap menyempatkan diri menunaikan tugas membuat jurnal. Kali ini saya ingin meyakinkan diri untuk ke sekian kali bahwa membuat konten organik yang disukai oleh Google dan pembaca itu amat sangat penting bagi kelangsungan blog.

Sangat penting bagi trafik atau kunjungan blog.

Sebenarnya, Google dan user (pembaca) sangat suka blog yang:
1. Memiliki konten berkualitas
2. Membahas sesuatu yang sedang mereka cari
3. Kontennya tetap up to date sampai kapanpun.
4. Konsisten menulis
5. Pernah membahas topik yang hampir sama.
6. Jumlah tulisan di blog sudah banyak sehingga bisa lanjut membaca
7. Jenis dan besarnya huruf (tulisan dapat dibaca dengan nyaman)
8. Pembahasan mendalam dan komprehensif. Kata kunci juga disebar dengan rapi.

Ada tambahan lain?

Hmm... tambahan bagi konten yang disukai user adalah warna template yang sejuk dan tidak membuat mata cepat lelah. Maksud saya, warna template putih atau nuansa putih.

Semoga ada sesuatu yang bisa dipelajari dan semoga bermanfaat

#JurnalHari29
#Tantangan30Hari
#KelasKepompong
#BundaCekatan
#InstitutIbuProfesional