Cara Membuat Sitemap Blog di Blogspot dan Panduan Lainnya

Setiap blog harus punya sitemap atau kumpulan informasi link (url) blog kita. Wajib banget. Selain memudahkan navigasi blog, juga dibutuhkan saat memasang Google Webmaster Tool (sekarang Google Search Console) dan Google Analytic. Masalahnya, banyak yang tidak tahu apa itu sitemap, mengapa penting, apa manfaatnya, bagaimana cara membuatnya, dan lain sebagainya. Kalau Sobat SEO Mam baca ini, bisa dipastikan sedang mencari tahu jawaban dari beberapa pertanyaan saya di atas.



Kenapa butuh Sitemap Blog

Punya blog tapi pengen dibaca banyak orang. Bagaimana caranya? Cara termudah adalah membaginya di media sosial, di WhatsApp Grup kantor, keluarga, teman sekolah, teman main dan lainnya. Tapi... hasilnya memang terbatas ke teman atau temannya teman. Mengingat banyaknya informasi, artikel kita akan terlupakan. Maka cara yang harus dilakukan adalah menjaring pembaca dari luar lingkup kita, melalui mesin pencari atau search engine. Google yang paling banyak dipakai. Selain itu ada Yahoo, Bing dan lainnya. 


Jadi... untuk Tantangan 30 Hari Menulis di Kelas Bunda Cekatan Ibu Profesional ini, saya akan membahasnya all about Sitemap Blog. Yaa... mungkin bukan panduan lengkap karena saya juga masih belajar.


Apa itu Sitemap?

Sitemap adalah kumpulan semua informasi atau tautan yang ada di blog kita. Dalam satu blog. Fungsinya untuk memetakan tautan agar mesin pencari dapat meng-index url/link artikel baru di blog dengan cepat.

Sitemap juga berisi metadata tentang kapan blog diupdate dan seberapa sering. Informasi baru ini akan membantu Google, Bing, Yahoo, Yandex dan semacamnya menemukan url/link artikel terbaru dan meng-index-nya di sana. Dengan kata lain, Sitemap adalah bagian vital dari SEO atau Search Engine Optimization. 

Harus ada, dan wajib ada. Sayangnya, kadang terlupakan.
Kayak saya nih, kadang bicara SEO tapi lupa memastikan ada blog ada Sitemap-nya atau belum. Heu heu...


Cara membuat Sitemap

Nah, sekarang, tiba saatnya membuat Sitemap. 
1. Buka Dashbor blogspot.
2. Buka Setting/Pengaturan. 
3. Lakukan PERSIAPAN, yaitu:
    a. Lanjutkan dengan mengklik Other/Lainnya
    b. Buka bagian Site Feed
    c. Pilih antara full, short, until jump break atau custom. Saya pilih antara full dan short.          d. Jangan lupa di-save.

4. Langkah MEMASANG
    a. Buka Page/Halaman. 
    b. Buat page baru. 
    c. Pilih menulis di html. 
    d. Copy paste kode di bawah ini. 
    e. Ubah kode yang berwarna merah dengan nama domain. 
    f. Save/simpan.

Kodenya:
<script src="https://sites.google.com/site/script4shared/sitemap.js"></script><script src="http://namadomainmu.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>

Semudah itu sih, caranya. Meski mudah juga belum tentu tahu... Iya, kan?


Kelas Kepompong di Kuliah Bunda Cekatan Institut Ibu Profesional

Di atas saya sudah sedikit menyinggung tentang Kelas Kepompong di Kuliah Bunda Cekatan Institut Ibu Profesional. Penjelasan singkatnya, saya ikut komunitas Ibu Profesional, dengan pilihan Institut (pilihan ke-1). Artinya saya lebih memilih belajar, daripada berkomunitas (pilihan ke-2) atau Sejuta Cinta (pilihan ke-3). 

Boleh pilih satu, dua, atau tiga sekaligus. Tapi saya fokus di satu saja, yaitu Institut. 

Divisi ini mempunyai beberapa kelas secara berjenjang. 
1. Matrikulasi, yaitu kelas dasar untuk pra-anggota.
2. Kelas Bunda Sayang, bagi anggota (pastinya sudah lulus Matrikulasi)
3. Kelas Bunda Cekatan, bagi anggota yang telah lulus Bunda Sayang

Masih ada 2 kelas lagi, tapi masih lama dibukanya, karena kelas tertinggi masih di Bunda Cekatan. Saya batch #1.

Di kuliah Bunda Cekatan, kami dibagi menjadi 40 kelas berdasarkan keminatan. Saringannya melalui tugas perdana yang disebut sebagai Kelas Telur. Mulai dari mengamati aktivitas suka sampai membuat peta belajar. 

Kelas selanjutnya adalah Kelas Ulat, yang artinya kami adalah pelajar yang haus akan ilmu. Boleh mencoba semua ilmu yang disukai, dengan batasan peta belajar masing-masing.

Bisa ditebak dong.. peta belajar saya adalah SEO.

Dan sekarang sudah Kelas Kepompong. Kami harus lebih melihat ke dalam, memperkaya diri dengan ilmu yang sudah dikumpulkan sebelumnya. Tiap hari kami harus membuat jurnal tantangan, jumlahnya 30. 

Ini jurnal kedua. Jurnal pertama adalah Google Search Console: Panduan Lengkapnya. Jurnal kedua adalah Cara Membuat Sitemap Blog di Blogspot dan Panduan Lainnya. Jurnal esok tentang Google Analytic.

Jadi... jangan lupa untuk mampir besok atau langsung ke next post

#JurnalHari2 #Tantangan30Hari
#KelasKepompong
#BundaCekatan
#InstitutIbuProfesional


Post a Comment

0 Comments