Halo Sobat SEO Mam... Apa kabar malam ini? Saya sedang ngantuk berat tapi tetap harus posting harian tentang tips ngeblog, nih. Apakah kamu termasuk yang menunggu tips membangun blog dari saya? Kali ini saya punya topik yang kadang hangat diperdebatkan, yaitu kelebihan Blogspot dibandingkan dengan Wordpress dan platform blog lainnya.




Sebenarnya saya ingin memberi judul: 11 Alasan Menggunakan Blogspot bagi Blogger Pemula.... Karena memang ada sebelas.

Oh iya, saya harus posting harian, selain untuk berbagi, memberitakan hasil praktik ngeblog, merangkum ilmu SEO, juga untuk mengerjakan Tantangan 30 Hari Menulis di Kelas Kepompong.

Kelas Kepompong adalah salah satu dari jenjang belajar di Kulian Bunda Cekatan, yang diadakan oleh Institut Ibu Profesional. FYI, kalau nama komunitasnya sih Ibu Profesional, kata "Institut" disertakan jika menyebut salah satu cabang/divisi yang fokus pada pembelajaran anggotanya. 

Kuliah Bunda Cekatan adalah kuliah kedua kami. Kami diberi ilmu yang dimaksudkan untuk menggali basic need dan passion, dan memilih 1 cabang ilmu yang akan dikembangkan. 

Mudah ditebak, saya memilih mengembangkan ilmu SEO. 

Jadi.. yuk mulai belajar dengan saya. Saya belajar sambil merangkum ilmu di sini. Jika ada yang tidak jelas, jangan sungkan bertanya, ya.


Kelebihan Blogspot

Blogspot adalah layanan ngeblog gratis dari Google. 100% gratis. Subdomain gratis, hosting gratis, dan template gratis. Seperti blog SEO Mam ini. Saya sengaja tidak membeli domain karena ingin menyemangati manteman yang pengen ngeblog gratis, tapi tetap menghasilkan.

Mungkin sudah tahu, kalau Blogspot sudah ada sejak 1999? Saat itu masih milik  dan dikembangkan oleh Pyra Labs. Tim Google yang jeli, mengakuisisi pada tahun 2003. Oleh Google dikenalkan, difasilitasi bahkan diberi peluang mendapatkan uang.

Semua pun berlomba-lomba bikin dan mengisi blog. Et voila, Google berkembang luar biasa seperti sekarang ini.

Blogspot ini, sangat cocok untuk sobat blogger pemula yang ingin ngeblog tanpa ribet belajar dan ingin 100% gratis. Membangun blog baru jadi lebih mudah dan murah.

Kalau mau profesional dan digunakan untuk paid promoted atau artikel berbayar, baru dibelikan domain sendiri yang disebut TLD. Contohnya www.susi.my.id. Harganya hanya beberapa rupiah dan dapat diperbarui setiap tahun. 

Ok, saya mengaku. Harganya hanya Rp11.000,- per tahun saat ada promo.


Berikut ini kelebihan Blogspot:


  1. Gratis dan Selamanya Gratis
  2. Milik Google
  3. Sangat mudah digunakan
  4. Sangat aman (karena layanan resminya Google)
  5. Cepat terindeks
  6. Optimasi lebih mudah
  7. Terintegrasi dengan semua layanan Google
  8. Bisa digunakan untuk Google Adsense
  9. Tak ada iklan bawaan seperti di Wordpress
  10. Bisa gunakan domain berbayar
  11. Media penyimpanan unlimited


Blog dengan platform Blogspot bisa dipasang untuk Google Adsense, dan menghasillkan unlimited pasive income

Berbeda dengan Wordpress gratisan yang tidak bisa dipasang Adsense, dan harus rela melihat iklan di blog.

Meski punya banyak kelebihan, Blogspot dari Blogger.com juga punya kelemahan, yaitu:

  1. Harus patuh dengan aturan yang ditetapkan oleh Blogger.com
  2. Blog dapat dihapus atau dibanned tanpa pemberitahuan.

Sebenarnya 2 kelemahan itu bersifat umum. Apapun blognya, selama masih nunut di tempat yang gratis, ya memang harus taat pada aturan. Jangan lupa, tetapkan tujuan ngeblog dan 1 niche yang sobat SEO Mam sukai.

Semoga jurnal belajar ke-5  Kelas Kepompong Kuliah Bunda Cekatan di Institut Ibu Profesional ini membantumu dalam mempersiapkan blog yang profesional dengan modal pemula, ya. Ingat, alasan memilih Blogspot ini, ya. 


#JurnalHari7
#Tantangan30Hari
#KelasKepompong
#BundaCekatan
#InstitutIbuProfesional