Tips Membangun Blog Baru

Jurnal Kelas Kepompong ke-4 ini, saya ingin curhat dulu. Tentang sulitnya ngeblog di awal, terutama membangun blog baru. Bahkan bagi saya yang sudah lama ngeblog. Dahulu menambah blog dan tanpa optimasi, kunjungan sudah banyak. Bisa ribuan, padahal kalau dilihat tulisannya amburadul dan tak ada inbound link atau semacamnya. Pure menulis. Sekarang, jumlah blogger selalu bertambah dan berebut pembaca. 


Tips membangun blog baru
Tips membangun blog baru


Blog SEO Mam ini, saya buat sebagai bagian dari terjemahan Peta Belajar Ngeblog saya. Daripada hanya praktik membenahi blog Cakrawala Susindra saja, mending sekalian saja menulis caranya. Mengikat ilmu melalui tulisan. 

Saya pun bikin blog baru dengan 1 niche atau tema, yaitu Tips SEO. Khusus ini. 

Ternyata... sungguh sulit mencari pembaca.

Tapi saya tidak menyerah. Saya tetap membuat Sitemap blog.

Saya mendaftarkan ke Google Search Console dan selalu submit tulisan di sana atau request indexing.

Saya akan mendaftar ke Google Analytic sekalian membuat tutorialnya di sini. Tapi kok hari ini saya agak kecapekan dan si kecil agak mudah merajuk.

Maka, saya bikin tips sederhana saja, deh, ya. Tentang tips membangun blog baru di Blogspot.

Ternyata saya kesenengan bikin blog baru. Setelah bikin dan mengisi ini, saya membeli domain susi.my.id selama 5 tahun. Mumpung harga domainnya hanya Rp11.000,- saja. Saya beli selama 5 tahun, dan hanya membayar Rp59.000,- 
Blog yang satu ini bertema love & relationship.

Wow!


Membangun blog baru

Membangun blog baru, juga berarti membangun struktur blog yang kokoh. Itu menurut saya, yang sudah mengalami jatuh bangunnya blog. Jadi, jika memang membuat blog baru, maka saya harus membuat pondasi yang kuat, rancangan blog yang kokoh, dan atap yang menaungi secara proporsional. Oh iya, jangan lupa menetapkan tujuan dan niche blog, ya.


Berikut cara membangun blog dari awal:

1. Membuat navigasi blog yang baik. 

Navigasi blog berupa elemen penting yang harus ada pada blog. Profil blog, halaman tentang saya, syarat dan ketentuan penggunaan (disclosure), kebijakan privasi, dan menu-menu wajib seperti kotak search, header, popular pos, related post, label/kategori, dan menu navbar yang mudah dipahami. Intinya adalah struktur blog atau hierarki blog untuk membantu pengunjung mendatangi tulisan lainnya. 

Blog dengan navigasi yang baik bisa cepat mendapatkan 1000 kunjungan pada bulan pertama atau kedua.

Ini alasan mengapa navigasi blog sangat penting:

a. Membantu pembaca menemukan artikel lain yang ia cari
b. Menekan bounce rate.
c. Membantu pembaca memahami isi blog
d. Memberi informasi spesifik yang dibutuhkan oleh pembaca
e. Membuat pembaca betah berada di blog kita
f. Memberitahu pembaca bahwa beberapa tulisan bersifat paid review.


Navigasi yang baik akan membuat pembaca betah dan membaca artikel menarik lainnya.

2. Menulis artikel about me yang lengkap

Postingan pertama, sebaiknya lebih bersifat memperkenalkan diri kepada pembaca. Siapa saya, tanggal berapa, tinggal di mana, kerja apa, suka apa, mengapa membuat blog, blognya tentang apa, juga blog lainnya jika ada. Tulisan semacam ini akan menjadi kenang-kenangan indah sebagai blogger, dan membuat pembaca tahu apa yang dihadapinya.


Buat artikel about me yang menarik!

3. Menulis artikel organik yang panjang.

Artikel/postingan kedua dan seterusnya, lebih baik panjang dengan sebaran keyword yang baik. Minimal 600 kata. Tapi saya sarankan 1300 - 1700 kata. Tulisan yang panjang, selalu disukai oleh Google karena biasanya menulis dengan lebih lengkap dan mendalam. 


Meskipun tulisan panjang disukai oleh Google, tapi pembaca tidak suka jika postingan panjang tersebut bertele-tele tanpa isi yang jelas.

4. Pasang widget seperlunya.

Widget sangat dibutuhkan agar tampilan blog baik dan bernavigasi bagus. Tapi jangan terlalu banyak. Saya selalu pastikan ada kotak search, populer post, label, about me, arsip blog, dan media sosial saya. Cukup itu saja. Less is more. Lebih sederhana malah lebih powerfull



5. Membuat sitemap blog

Sitemap blog sangat dibutuhkan oleh blog agar robot Google mudah mengindeks tulisan kita. Sitemap juga dibutuhkan saat mendaftar ke Google Search Console dan Google Analytic. 


6. Mencari trafik organik melalui Google Search Console 

Mendaftarkan blog baru ke Google Search Console harus di awal-awal, karena trafik adalah segalanya. Jangan ditunda-tunda. Sebaiknya setelah tulisan pertama atau kedua. Ini panduan mendaftarkan blog ke Google Search Console.


7. Memasang Google Analytic. 

Google analytic mencatat lalu lintas blog, sehingga tahu hasil tulisam kita dibaca berapa orang. Isinya jumlah pageview, demografi pengunjung, tulisan terpopuler, dan masih banyak lagi. Kita bisa belajar meriset keyword di sini.


8. Membagikan ke media sosial.

Membagi ke media sosial kadang tidak efektif menjaring kunjungan. Itu benar. Tapi jangan putus asa. Menitipkan url ke media sosial amat sangat dibutuhkan sebagai media promosi blog.


9. Membuat dan memasang logo favicon.

Ternyata si imut di pojok kiri atas (sebelah nama domain) punya peran yang sangat penting dan jadi bagian dari SEO needs.


10. Memasang akun media sosial

Memasang akun media sosial jadi cara yang sangat ampuh untuk membangun sebuah blog. Adanya akun ini membuat identitas kita dipandang nyata oleh Google dan pembaca. Oh iya, beberapa media sosial memberikan backlink yang bagus untuk blog.



Sebenarnya masih banyak lagi kebutuhan blogger profesional dalam membangun blog. Tapi karena kita masih pemula, 10 saja dulu, ya. Kita tambahkan secara berkala nanti.

Beberapa kebutuhan membangun blog di atas, masih ada yang belum saya lakukan. Saya memang membangun blog ini secara perlahan, 1 hari hanya 1 artikel. Dan sebisa mungkin artikel tenang solusi akan kebutuhan saya saat ini.

Itulah jurnal ke-4 saya hari ini, tentang cara membangun blog baru. Semoga bermanfaat, ya

Sampai jumpa besok di jurnal ke-5!

#JurnalHari4 #Tantangan30Hari
#KelasKepompong
#BundaCekatan
#InstitutIbuProfesional

Post a Comment

1 Comments

  1. Kereen mba Susi, ilmunya ndaging..semangatnya menular.terimakasih mba

    ReplyDelete

Semoga tulisan ini membantumu. Saya tunggu feedback-nya, ya....