Saya ada keinginan kuat membuat template blog sendiri. Yang sederhana tapi pembaca terbantu saat mencari artikel selanjutnya. Agar ia menemukan lebih banyak solusi atas permasalahannya. Makanya saya perlu mencatat ulang tentang struktur template blog.




Suatu kebetulan saat mencari cara membuat postingan menjadi kotak-kotak, saya menemukan artikel struktur blog dari Pangeran Tulisan Wortel. Saya putuskan mencatat di sini agar selalu ingat.

Saya sudah lama tahu, sih, dan selalu menggunakan struktur yang sama. Jika Sobat SEO Mam lihat benar, semua blog saya menggunakan struktur template yang sama.

1. Header

Header blog berada di bagian paling atas. Bagian yang ada judul blog dan deskripsi itu. lho. Bagian paling atas itu biasanya yang pertama dilihat. Jadi pastikan ada beberapa elemen blog yang tepat.

Elemen Blog pada header

a. Judul dan deskripsi blog
b. Gambar header
c, Kotak search/pencarian
d. Menu blog
e. Social bookmark

Untuk header, penulisan html-nya diawali dengan <header> dan diakhiri dengan </header>.

2. Sidebar

Berada di samping kanan atau kiri postingan, itulah yag disebut dengan sidebar blog. Beberapa blog terlalu galau menentukan mau sidebar kanan atau kiri, sehingga memasukkan keduanya. 

Tak apa, kok. Sidebar boleh di kanan dan kiri. Hanya saja, beberapa meyakini bahwa sidebar di kanan lebih bagus karena cara baca tulisan romawi dari kiri ke kanan. Jadi, baik pembaca manusia maupun pembaca robot Google sama-sama suka yang kanan.

Katanya begitu. Dan tanpa sadar saya ikut yakin karena logis juga. Sampai kemudian template terbaru Google mempunyai sidebar di kanan. 

Mitos terpatahkan.

Elemen pada sidebar biasanya:

a. Profil pemilik blog
b. Follower blog
c. Komunitas yang diikuti
d. Banner lomba jika ada)
e. Kategori/label blog
f. Arsip blog
g. Populer/recent post

3. Post

Post blog adalah tempat artikel kita terlihat dan dibaca. 

Elemen post terdiri dari:

a. Judul dan isi artikel
b. Ilustrasi gambar/grafik
c. Vide0 jika ada.
d. Komentar

Saya sarankan menambahkan related atau recent post sebelum komentar.

4. Footer

Footer sebagaimana artinya, adalah bagian kaki atau bagian paling bawah sebuah blog. Dalam penulisan default html, selalu diawali dengan <footer> dan diakhiri dengan </footer>

Elemen yang ada pada footer adalah:
a. informasi hak cipta (credit tittle)
b. Widget dekoratif

4 struktur template blog di atas harus selalu diingat dan dipahami agar mudah saat akan mengedit template.

Seperti template Emporio yang saya pakai ini. Template asli dari Blogspot yang sederhana, responsive, mobile friendly serta segudang kelebihan lainnya. 

Tapi saya belum puas. Serasa memakai seragam SMP yang sama, yaitu biru putih. Bagaimana cara mengedit template Emporio? Saya akan mencobanya besok.

Oh iya, ini masih jurnal SEO saya untuk kelas Bunda Cekatan ya.....

#JurnalHari15
#Tantangan30Hari
#KelasKepompong
#BundaCekatan

#InstitutIbuProfesional