5 Cara Mendapatkan Backlink yang Disukai Google. Nomor 5 Butuh Pengorbanan

Semangat pagi, Sobat SEO Mam.... Apakabar? Pagi ini saya ingin memaparkan sedikit hal tentang backlink atau pranata luar. Salah satu cabang ilmu SEO yang wajib diketahui dan dipelajari benar. Salah satu sumber penilaian Domain Rating, Domain Authority, dan Spam Score. Sehebat itu? Iya! Makanya, kali ini saya akan menuliskan tentang cara mendapatkan backlink yang disukai oleh Google.


backlink adalah penentu SEO
Bisa dikatakan, backlink atau pranata luar adalah kunci, meskipun bukan kunci utama. Itulah sebabnya, di blog lifestyle, saya tidak sembarangan mengambil artikel paid review. Saya juga tidak selalu ikut lomba blog. Saya bukan tipe orang yang akan menghapus artikel lomba jika tidak menang. Saya mungkin akan menurunkan tautannya jika ternyata broken.

Bagi saya... artikel lomba adalah portofolio. Meski tidak menang, akan tetapi saya mengerjakannya minimal 3x lebih serius daripada artikel organik.
Jadi... kita kembali ke backlink ya...


Definisi backlink

Backlink adalah link suatu blog atau website yang masuk ke sebuah blog atau website lainnya. Definisi backlink ini berarti semua link atau tautan yang diterima oleh sebuah blog/website menjadi rujukan bagi pembaca dan mesin pencari, sehingga diharapkan bisa menaikkan kredibilitas blog.

Jikalau sebuah website yang kredibel memasukkan link blog kita ke dalam konten mereka, mesin pencari akan memasukkannya sebagai backlink yang baik. Terlebih jika dimasukkan ke blog yang punya niche yang sama.

Saya tidak tahu apakah berlaku sebaliknya. Yang saya tahu, jika saya komentar di postingan sebuah blog yang ditengarai buruk oleh Google, saya harus menghapusnya, seperti jika ada tautan dari blog yang dianggap tidak baik oleh Google, maka akan masuk ke dalam daftar brokenlink yang harus dihapus. 

Jadi.... backlink adalah salah satu faktor penting dalam SEO. Lebih penting lagi jika mendapatkan backlink dofollow dari web/blog yang kredibilitasnya tinggi.


Tanda Backlink Berkualitas

Backlink sangat menentukan posisi di mesin pencari. Sayangnya, tidak semua bagus, dan tidak mudah menentukan kualitas backlink.

Backlink bagus akan menaikkan kualitas blog kita di mata Google. Sebaliknya, backlink jelek akan menghancurkan kredibilitas kita di mata Google, yang tanpa perasaan bisa saja meremukkan blog kita.

Jika Google suka backlink kita, domain authority kita akan naik. Hasil pencarian di Google Search juga membaik. Google Penguin akan menurunkan peringkat situs yang jumlah backlink spam-nya tidak bagus.


Cara mendapatkan backlink berkualitas ala Qwords.com 

1. Membuat konten yang unik dan menarik

Seperti yang saya lakukan sekarang ini, alih-alih membuat analisis sendiri, saya meminjam konten tentang backlink milik Qwords. Hal serupa akan terjadi pada saya untuk postingan lainnya yang dianggap bagus, unik, menarik, sehingga ada sahabat blogger yang akan "meminjam" tulisan saya dengan tambahan backlink. Tentu saja, jangan sampai mengcopy paste. Harus menulis dengan interpretasi sendiri agar tidak dianggap plagiat. Lebih buruk lagi jika dilaporkan ke dmca.com atau Digital Millennium Copyright Act yang mengurus tentang hak kekayaan intelektual digital.


2. Membangun jaringan pertemanan dengan sesama blogger

Komunitas blogger dibuat untuk bersama-sama mengegolkan berbagai tujuan yang muaranya adalah menaikkan status blogger. Membangun jaringan pertemanan dengan sesama blogger bisa memberikan backlink karena biasanya ada yang sepakat saling mereview blog dengan memberikan backlink. Salah satu yang saya ikuti adalah Arisan Link Blogger Perempuan.


3. Tulis informasi yang sedang banyak dicari

Setiap saat selalu ada peristiwa yang sedang happening. Saat itu banyak orang yang mencari tahu melalui mesin pencari. Kecepatan Tribun dalam menurunkan berita menjadi contoh nyata mengapa media online ini merajai mesin pencari. Meskipun, jujur saja, saya selalu kecewa dengan minimalisnya informasi yang diberikan.


4. Blogwalking ke blog/web yang memiliki topik sama.

Salah satu cara membentuk jaringan pertemanan adalah melalui kegiatan kunjungan ke blog teman dan meninggalkan komentar di sana. Namanya blogwalking. Fungsi lain blogwalking adalah undangan terbuka untuk membentuk jaringan, diawali dengan si pemilik blog melakukan kunjungan balik melalui link di komentar kita. Jika ini terjadi pada topik yang sama, dampaknya akan lebih besar lagi.


5. Menggunakan tools

Mencari backlink dengan cara mudah adalah menggunakan tools seperti Ahrefs, MOZ, dan Majestic. Ketiganya bisa menampilkan data backlink kompetitor. Tapi sayangnya tidak gratis. Ada biaya berlangganan. Jujur, saya belum pernah menggunakan mereka, jadi tidak bisa bicara banyak.


backlink berkualitas ala google

Post a Comment

0 Comments